Konten

24 Januari 2024

Petunjuk Penyelenggaraan Upacara dalam Gerakan Pramuka

 

PETUNJUK PENYELENGGARAAN UPACARA DI DALAM PRAMUKA

Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 178 Tahun 1979 Tentang Petunjuk Penyelenggaraan Upacara Di Dalam Gerakan Pramuka. Diterbitkan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka bekerja sama dengan Pustaka Tunasmedia Balai Penerbit Gerakan Pramuka Jalan Medan Merdeka Timur No. 6, Jakarta 10110.

Dalam rangka usaha mencapai tujuan Gerakan Pramuka dengan menyelenggarakan berbagai bentuk kegiatan, salah satu di antaranya adalah penyelenggaraan beberapa macam upacara. Pemimpin Kwarnas telah menyaksikan betapa upacara itu di jajaran Gerakan Pramuka di tingkat Gudep sampai di tingkat nasional tidak pengaturannya, sehingga tidak dapat berfungsi sebagai sarana pendidikan yang berdaya dan bertepat guna.

Dengan penerbitan buku Petunjuk Penyelenggaraan Upacara dalam Gerakan Pramuka ini, diaturlah semua macam upacara dalam Gerakan Pramuka. Petunjuk-petunjuk diberikan untuk semua jajaran, sehingga masing-masing dapat menyelenggarakan upacara sesuai dengan maksud dan tujuan yang dikehendaki.

Pimpinan Kwarnas mengharapkan agar petunjuk ini dilaksanakan sebaik-baiknya, sehingga untuk selanjutnya penyelenggaraan dan pengaturan upacara yang mana pun dan di mana pun dalam lingkungan Gerakan Pramuka akan berjalan serba seragam, tertib dan lancar.