Konten

15 September 2023

LGP3 KWARCAB TRENGGALEK 2023


Kegiatan Lomba Giat Prestasi Pamuka Penggalang SD/MI Tahun 2023 atau yang disingkat LGP3 2023 merupakan ajang kompetisi bagi Pramuka Penggalang ditingkat SD/MI di wilayah Kwartir Cabang Trenggalek. Karena kegiatan ini bersifat hierarki layaknya Lomba Tingkat Penggalang di tingkat SMP/MTs.

Peserta LGP3 2023 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek berjumlah 84 regu (42 regu putra dan 42 putri). Regu-regu penggalang tersebut merupakan juara 1, 2, dan 3 LGP3 di tingkat Kwartir Ranting. Dengan demikian setiap Kwartir Ranting akan mendelegasikan 6 regu penggalang (3 juara regu putra dan 3 juara regu putri) untuk ikut berpartisipasi di Kwartir Cabang.

Adapun peserta kegiatan LGP3 2023 di Kwartir Ranting diikuti oleh seluruh pangkalan SD/MI di wilayahnya. Setiap pangkalan mendelegasikan 2 regu penggalang (1 regu putra dan 1 regu putri). Kompetisi ini diambil untuk meningkatkan semangat kegiatan Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan (EWPK) di lembaga pendidikan SD/MI se Kabupaten Trenggalek. Dengan kegiatan seperti ini pula, semangat untuk berkompetisi yang sehat, sportif, adil, dan merata bisa terwujud.

Dalam kegiatan ini Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek tidak berjalan sendirian, akan tetapi juga menggandeng Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Trenggalek dan Pemerintah Kabupaten Trenggalek. Sehingga kegitan Kepramukaan di Trenggalek tidak hanya dapat dirasakan oleh peserta didik saja, akan tetapi kegiatan ini dapat dirasakan oleh seluruh lembaga dan masyarakat di kabupaten Trenggalek.

Adapun kegiatan LGP3 2023 Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Trenggalek dilaksanakan pada tanggal 16-17 September 2023 di Bumi Perkemahan Ngegong, Desa Jatiprahu, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek.

Bentuk kegiatan yang dilombakan meliputi:

  1. Lomba Administrasi
  2. Lomba Tapak Kemah
  3. Lomba Pionering
  4. Lomba Poster
  5. Lomba Sandi Morse
  6. Lomba Baca Geguritan
  7. Lomba Pengucap Pembukaan UUD 1945
  8. Lomba Pengucap Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka
  9. Lomba Bercerita Dua Bahasa
  10. Lomba PBB
  11. Lomba Kreasi Yel
Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun, dengan harapan tetap menjaga semangat lembaga pendidikan SD/MI dalam berkegiatan Kepramukaan.

Referensi: