Konten

29 September 2023

PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW 1445H


Dilansir situs Kementerian Agama, Maulid Nabi adalah kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan hidup Rasulullah SAW. Peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awwal dalam kalender Hijriah.

Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab yakni Maulid dan Nabi, kata Maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang berarti "lahir" atau "kelahiran", sedangkan kata Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammad SAW. Berdasarkan pengertian tersebut, Maulid Nabi adalah kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Pagi hari ini Jum'at 29 September 2023, SMKN 1 Sawoo Ponorogo kembali menggelar acara Pengajian Akbar untuk umum. Pengajian ini dalam rangka Peringatan Hari Kelahiran (Maulid) Nabi Muhammad SAW. Dengan menggandeng mubaligh lokal, acara tersebut bisa terselenggara dengan sangat meriah.

Adapun rangkaian dalam peringatan Maulid Nabi kali ini laksankan mulai pukul 07.00 WIB dengan susunan acara sebagai berikut:

  1. Sholat Dluha berjama'ah
  2. Istighosah kubra
  3. Ramah tamah dan sholawat
  4. Sambutan Kepala SMKN 1 Sawoo
  5. Mauidhoh Hasanah
  6. Do'a dan penutup.
Dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, diharapkan seluruh keluarga besar SMKN 1 Sawoo Ponorogo bisa meniru keteladanan Nabi Muhammad SAW. Dalam ceramahnya Kyai Khoirul mengajak seluruh warga SMKN 1 Sawoo untuk tertib melakukan sholat, selalu berbuat baik kepada sesama, taat kepada guru, orang tua, dan tata tertib yang berlaku di sekolah.