Konten

21 September 2023

PROJEK P5 TEMA "SUARA DEMOKRASI" DI SMKN 1 SAWOO

 


SMKN 1 Sawoo Ponorogo dengan menggandeng Pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ponorogo kembali menggelar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang ke-2 di tahun pelajaran 2023/2024 dengan tema "Suara Demokrasi". Kegiatan ini mengambil topik "Suaraku Ekspresiku", yang diikuti oleh seluruh siswa Kelas XI SMKN 1 Sawoo Ponorogo.

Topik ini diambil karena untuk memberikan pemahaman tentang pendidikan demokrasi di Indonesia. Di tahun ini 2023/2024 ini merupakan tahun politik, dimana akan diselenggarakan pesta demokrasi Republik Indonesia, yaitu Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setentak. Banyak diantara siswa-siswi SMKN 1 Sawoo yang masuk dalam kategori pemilih pemula. Sebagai pemilih pemula perlu diperkenalkan dan ditanamkan pentingnya pendidikan demokrasi di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Bapak Fauzi (Komisioner KPU Kabupaten Ponorogo) pada kegiatan ini, jangan sampai pemilih pemula menjadi sorang pemilih yang tidak bertanggung jawab, yang datang ke TPS karena iming-iming uang atau tidak memilih sama sekali (golput). Pemilih merupakan penentu bagi kelangsungan Negara Indonesia minimal 5 tahun mendatang.

Sebagai wahana pendidikan demokrasi, SMKN 1 Sawoo menggelar projek P5 ini melalui kegiatan Pemilihan Ketua OSIS masa bhakti 2023/2024. Kegiatan ini didesain sedemikian rupa sehingga menyerupai mekanisme Pemilihan Umum atau Pemilihan Kepala Daerah di Indonesia. Banyak hal yang bisa dipelajari siswa disini, mulai dari persiapan data pemilih, pendaftaran pasangan calon, kampanye pasangan calon, pengadaan logistik, pembentukan KPPS, dan persiapan lokasi TPS.

Tidak hanya siswa, guru dan karyawanpun ikut membaur diajang pesta demokrasi SMKN 1 Sawoo ini. Dengan kegiatan Pemilihan Ketua OSIS yang dirancang sebagai miniatur pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah ini, dapat memberikan pembelajaran yang berarti bagi siswa-siswi SMKN 1 Sawoo sebagai calon pemilih pemula dia ajang demokrasi tahun 2024.